5 Cara Efektif Bangkitin Usahamu

Mempunyai sebuah bisnis/usaha adalah sebuah tanggung jawab yang besar dan bisnis yang sehat selalu memberikan keuntungan kepada pemiliknya, namun untuk mendapatkan profit/keuntungan selalu penuh dengan lika-liku dan juga tantangan di setiap perjalananya. Tantangan tersebut bisa datang dari faktor luar (eksternal) seperti adanya pesaing/kompetitor, perubahan tren masayarakat, munculnya produk baru ataupun faktor dari dalam seperti penjualan yang menurun, Turn Over Karyawan yang tinggi, Karyawan yang tidak mematuhi SOP (Standart Operational Prosedur) hingga rusaknya sistem produksi. Nah berbagai tantangan ini harus mampu di hadapi oleh setiap pemilik usaha, tapi bagaimana jika kita tidak tau apa yang harus di lakukan ? Berikut Tim BangkitinUsaha rangkum 5 Cara Efektif untuk Bangkitin Usaha kamu ! Langsung aja Cek  

1. Evaluasi Permasalahan 
Hal pertama yang harus dilakukan sebagai pemilik usaha ketika mengalami kondisi sulit adalah mengevaluasi permasalahan yang ada. Kumpulkan semua tim ajak diskusi dan berikan ruang agar mereka saling bertanya dan juga berbagi data demi tercapainya evaluasi yang optimal. 
Mengevaluasi seluruh lini manajemen juga akan memberikan fokus yang lebih untuk menyusun strategi dan langkah yang tepat untuk kedepanya. Jika kamu adalah pemilik tunggal dan belum memiliki tim dalam usaha maka kamu bertanggung jawab penuh dan harus berpikir lebih dalam dan mengevaluasi langkah-langkah yang sudah dilakukan. Coba periksa kembali dari segi manajemen produksi sudahkah sesuai dengan SOP perusahaan, atau apakah kamu belum menerapkan SOP untuk usaha kamu, jika belum maka langkah yang harus dilakukan adalah membuat SOP produksi agar semua produksi bisa terkontrol dan sesuai dengan standart yang telah di tetapkan. 

Periksa dan evaluasi juga dari segi penjualan, bagaimana grafik penjualan atau dari segi manajemen keuangan apakah sudah sehat atau justu keuangan perusahaanmu masih berada dibawah "wajar". Evaluasi dalam bisnis sebenarnya harus sering dilakukan, hal ini karna sebuah usaha/bisnis adalah sesuatu yang dinamis, maka sebagai pemilik usaha ketika usaha kita mengalami sebuah kemunduran atau turunnya penjualan maka wajib bagi pemilik untuk melakukan evaluasi permsalahan. Setelah melakukan evaluasi jangan lupa catat point-point yang menjadi titik permasalahan serta temukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Jika dirasa permasalahan yang di hadapi merupakan permasalahan yang baru atau tidak mengerti maka kamu bisa mencoba mencari solusi dengan bertanya kepada pemilik bisnis lainya ataupun mencari referensi masalah sejenis di website atau pun artikel seputa bisnis dan usaha di internet. Semakin kamu bisa menganalisis permasalahan dan mampu memcahkan solusinya maka semakin besar pula peluang usahamu untuk naik dan bangkit. Ayo semangat ! 

2. Lakukan Strategi yang Berbeda
Ketika kita sudah mengevaluasi kinerja dan lini manajemen perusahaan kita maka kita bisa menyiapkan beberapa strategi efektif untuk membantu menaikan penjualan maupun produktivitas usaha kita. Strategi yang di maksud adalah strategi yang berbeda dari sebelumnya, cobalah mulai lihat kompetitor yang sama bidangnya dengan usahamu lalu lakukan riset strategi yang mereka lakukan, kamu bisa mulai menerapkan ATM (Amati Tiru Modifikasi) agar usahamu juga bisa naik. Selain melihat kompetitor, kamu juga bisa membaca melalui buku marketing yang bisa kamu temukan dari para pakar marketing dunia, ada banyak sekali buku dan juga cara-cara yang bisa menaikan berbagai penjualan bahkan mampu menaikan profit hingga 1000 persen hanya dalam waktu beberapa jam saja. Nah kamu harus mulai mencari beberapa pakar marketing dunia sehingga kamu bisa mengaplikasikan startegi tersebut di usahamu. Selain dari referensi buku, kamu juga bisa mengikuti beberapa seminar yang fokus membahas tentang penjualan maupun produktivitas supaya kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki masalah yang serupa dan kamu pun bisa bertukar cerita melalui forum tersebut. Selain bertemu dengan banyak orang yang memiliki kesamaan tujuan dan masalah, ketika kamu mengikuti sebuah seminar kamu pun bisa langsung bertemu dengan pakar yang ahli di bidangnya, mereka akan memberitahu beberapa alternatif jalan keluar untuk berbagai masalah usahamu, dengan itu kamu bisa mulai menerapkan beberapa strategi yang sudah terbukti oleh praktisi di bidangnya, dijamin usahamu pasti bakal naik bahkan scale up lebih tinggi !

3. Manfaatkan Sosial Media
Jika kita mendengar sebuah penawaran entah itu dari iklan di radio maupun iklan di televisi hal yang pertama kita lakukan adalah pasti dengan mengecek official store di sosial medianya, apakah promo tersebut benar-benar ada, atau sekedar mengecek apakah masih berlaku atau melihat syarat dan ketentuan dari promo tersebut melalui official sosial medianya. Dengan memiliki sosial media usahamu secara mandiri maka kamu juga benar-benar berusaha membangun kepercayaan konsumen. Kamu bisa mencoba mengupdate informasi terkait produk, jam operasional atau ketika usahamu sedang membutuhkan karyawan dan lain-lain  disamping itu sosial media kini menjadi sentral dari berbagai strategi yang ada, dengan membangun akun sosial media yang aktif dan menawarkan beberapa promo yang menarik maka para follower maupun orang-orang yang berteman dengan akun sosial media usahamu akan merasa lebih dekat. Jika ingin menaikan kepercayaan konsumen terhadap usahamu maka kamu bisa mencoba untuk mengendorse influencer yang punya follower banyak, hal ini akan memberikan keuntungan kepada usahamu agar para followers influencer tersebut bisa tahu keberadaan usahamu dan menjadi pengikutmu, ya meskipun memang ada harga yang harus dibayar untuk promosi menggunakan jasa influencer ini. 

4. Lakukan Promosi dan Iklan secara Berkala
Iklan yang efektif akan memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Sebelum kamu beriklan alangkah baiknya kamu memperlajari terdahulu tentang cara-cara beriklan yang efektif agar tidak boncos. Iklan yang baik selalu memiliki elemen-elemen yang perlu di perhatikan, disamping itu biaya untuk iklan juga kini bervariatif. Jika kamu termasuk pemilik usaha yang memiliki budget yang cukup besar maka kamu bisa menganggarkan untuk media iklan supaya mereka tahu keberadaan usahamu dan produk maupun jasa yang kamu tawarkan. Jangan lupa ketika hendak memberikan penawaran kamu perlu menghitung secara rinci dan teliti agar tidak rugi ya, Karena tarkadang banyak para pemilik usaha yang menawarkan sesuatu yang pada ujungna mereka malah rugi karena tidak dihitung secara teliti. Kamu juga perlu membuat promosi secara berkala agar calon konsumenmu merasa tertarik kepada usahamu, sebaiknya konsep terlebih dahulu tujuan untuk promosimu, apakah kamu ingin memperkenalkan usahamu atau memberikan edukasi melalui konten, ataukah ingin memberikan spesial harga di waktu-waktu tertentu. Ketika kita menggunakan sebuah promosi yang berkala maka secara otomatis konsumenmu akan mulai menandai waktu-waktu yang biasa kamu gunakan untuk penawaran, ini bisa menjadi sebuah keuntungan besar kepadamu agar ketika kamu melakukan promo tersebut maka seketika produk atau jasa mu akan langsung ludes terjual.

5. Bangun Branding dan Komunitas
Rahasia ketika sebuah usaha mampu dikenal hingga berpuluh-puluh tahun bahkan konsumen bisa merasa percaya hingga membuat sebuah komunitas tertentu untuk sebuah merek adalah kekuatan dari sebuah Branding. Branding akan menempatkan usahamu di benak konsumen, dan akan membuat orang-orang membeli produk atau jasamu bukan karna mereka melihat penawaranmu tetapi karna memiliki "kekuatan batin" yang terjalin, orang akan membeli dengan emosional mereka. Branding bukan hanya tentang logo, tagline, ataupun promo tapi itu hanya beberapa elemen untuk membentuk presepsi konsumen terhadap usahamu, jika kamu belum menguasai ataupun belajar tentang branding maka Kamu bisa belajar branding di ig Pak Bi (Subiakto) yang merupakan pakar branding selama lebih dari 40tahun. 
Jika usahamu ingin bangkit maka kamu perlu membangun brand usahamu ya..

Secara garis besar ada beberapa komponen yang bisa kamu kolaborasikan untuk menaikan usaha. Ada berbagai cara untuk melakukan strategi peningkatan penjualan dan membuat usahamu bangkit kembali namun yang perlu kamu lakukan adalah mencoba cara yang paling efektif dan yang paling bisa kamu lakukan, jangan memaksakan diri untuk beriklan melalui instagram ads atau Facebook ads jika memang belum ada dananya, kamu bisa melakukan iklan secara gratis dengan memposting diskon di akun usahamu. 
Ada pepatah yang mengatakan bahwa "dimana ada kemauan disitu ada jalan". Jadi tetap semangat buat kamu yang sedang menjalani usaha namun sedang berada dibawah karna akan selalu ada jalan untuk orang-orang yang sedang berusaha. Jangan lupa bagikan ke temanmu jika artikel ini bermanfaat ya.

Ingat untuk selalu Stay Focused dan Yakin Kamu Pasti Bangkit !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebebasan Keuangan menurut Robert T Kiyosaki

Menyongsong Peluang Era Digital

5 Peluang Bisnis Rumahan yang dijamin pasti Untung, No 1 bisa dilakukan Sambil Rebahan